My Life My Adventure

18126374

Judul Buku                   : My Life My Adventure

Penulis                          : Ahmad Rifa’i Rifan

Penenerbit                   : PT Elex Media Komputindo

Terbit                           : Juni, 2013

Tebal Halaman            : 246 Halaman


 

Sinopsis:

Hidup adalah petualangan. Jangan sampai mengisi hidup dengan aktivitas yang rata-rata. Karena hanya orang rata-rata yang impian dan tindakannya rata-rata. Hidup hanya sekali, maka pilihlah hidup yang kau yakini akan menghebatkan masa depanmu. Hidup hanya sekali, maka beranilah mencoba sesuatu yang baru. Teruslah mencoba tantangan yang baru, seru, dan menantang. Jangan takut gagal. Kelak kita tak akan menyesal karena salah dan gagal dalam bertindak. Kita jauh lebih menyesal karena tak berani mencoba segala peluang di masa lalu.

Hidup adalah petualangan. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Setiap petualang selalu menghadapi kejutan. Kadang manis, kadang pahit. Kadang kalah dulu baru menang. Tapi bagi petualang sejati, setiap kejadian selalu membuahkan hikmah hidup yang membuatnya makin bijak dan berjiwa besar.

My Life My Adventure. Bukan orang lain yang menentukan hebat tidaknya masa depanku. Hanya aku dan Tuhan-lah pemegang kendali jalan kesuksesanku.

 

Resensi :

Hidup pada dasarnya merupakan sebuah perjuangan, perjuangan untuk lebih baik dari hari-hari sebelumya baik dalam ibadah maupun prestasi. tidak sedikit yang beranggapan bahwa hidup ini layaknya air yang mengalir, hanya itu. Sehingga kurang ada target dan usaha untuk kehidupan yang lebih baik, karena sudah terlalu pasrah dengan zona nyaman yang dialami. Dalam buku ini, kita akan merasa tergetar untuk lebih semangat bekerja keras akan target-target yang tinggi dan bersedia meninggalkan zona nyaman yang sebenarnya justru membuat kita lebih terkurung didalamnya, tidak bisa memanfaatkan lebih atas karunia Sang Pencipta Langit.

Buku My Life My Adventure ini merupakan buku motivasi yang isinya membimbing para pembaca untuk bagaimana mengisi hidup agar lebih berkualitas. Buku My Life My Adventure ini terbagi menjadi 4 bagian, yaitu Hard Work, Have Fun, Hard Pray, dan Make History.

Pada bab pertama yang poin utamanya adalah hardwork, penulis membeberkan akan pentinganya usaha yang seharusnya kita lakukan, lebih tepatnya lagi No Excuse! Ketika penulis membeberkan banyaknya keterbatasan akan kepercayaan diri, keterbatasan materi dalam usaha mencapai pendidikan yang tinggi hanya dengan memulung, berani akan kritikan dan masih banyak lagi yang penulis langsung contohkan dari beberapa tokoh yang jutru menghasilkan kesuskesan atas kerja keras mereka. Kerja keras dengan berani mengambil resiko adalah salah satu kuncinya, seperti kutipan dari Richard Nixon yang ada pada halaman 34 dalam buku ini Jika enggan mengambil resiko, anda tak akan pernah kalah. Tapi tanpa berani menanggung resiko, anda tak akan pernah menang.” Beberapa kunci positif yang lain sangat banyak yang penulis beberkan di buku ini, dan akan terasa sangat lebih menarik jika membaca bukunya secara langsung. 🙂

Bab kedua poin utamanya adalah Have Fun, Menikmati hidup itu sederhana, yaitu dengan syukur, karena salah satu predictor of happiness adalah qolbun syakirun (hati yang bersyukur), kemudian hati yang ikhlas, melakukan segala aktivitas dengan motif utama menggapai cinta Allah, sehingga apapun yang  terjadi kita dapat menerimanya. Selain syukur, yang dapat kita pelajari dalam berusaha keras adalah mengistirahatkan diri sejenak, Karena masalah yang datang harus dihadapi dengan keberanian dan semangat. Maka perlu adanya kondisi jiwa di mana semangat dan gairah tetap ada dalam diri kita. Salah satunya adalah dengan mengistirahatkan jiwa sejenak.

Bab ketiga poin utamanya adalah Hard Pray, penulis dalam buku ini mengingatkan bahwa dibalik usaha yang keras dalam pencapaian cita-cita tidak akan sempurna tanpa doa, kekuatan langit juga sangat berperan penting dalam menjalankan pekerjaan apapun. Selain berdoa, poin penting lainnya juga kejujuran. Ketika dengan kejujuran justru hidup menjadi nyaman dan tentram, damai dan penuh cinta menaungi kehidupan kita. Quote di bab ini yang paling menarik ada di halaman 140 “percayalah, hukuman yang paling berat bagi seorang pemaksiat adalah ketika ia tak bisa lagi menikmati hubungan mesranya dengan sang pencipta.

Bab ke empat poin utamanya yaitu Make History, yang tujuannya memberikan arahan akan pentingnya ilmu, karena betapa hebatnya jika kita mampu menjadikan ilmu kita sebagai bekal hidup, sejak dunia, hingga menggapai surga. Karena bagaikan multilevel ibadah, ketika raga sudah dalam kubur namun amalannya tetap tumbuh dengan subur.

Seperti buku-buku sebelumnya, dalam buku ini penulis juga menggunakan bahasa yang ringan dan sederhana, sehingga menembus pasar yang luas di beberapa kalangan baik muda-mudi maupun dewasa. Mendidik dengan memberikan contoh tokoh yang sangat menginspirasi para pembaca. Sungguh sebuah ilmu yang sangat rugi jika diabaikan. Dan ucapan penutup dari saya, selamat membaca.. 🙂

Iklan